Di zaman sekarang ini, sudah banyak kalangan anak muda yang sukses dalam dunia bisnis. Banyak dari mereka yang lebih memilih berbisnis daripada menjadi karyawan, apalagi kalangan anak muda zaman milenial sekarang cenderung lebih mudah bosan dalam bekerja. Selain bosan, alasan lain yang membuat mereka lebih memilih berbisnis adalah waktu yang tidak terikat, bisa dilakukan di mana saja, dan memberi penghasilan yang tidak terbatas.

Tidak bisa dipungkiri memang menjalankan bisnis tidaklah mudah, apalagi bagi pemula yang baru mau merintis, banyak sekali tantangan yang harus dilewati agar bisa bertahan hingga sukses. Diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang tepat untuk bisa sukses. Berikut tips memulai bisnis yang menguntungkan untuk pemula.

Bentuk Mindset Bisnis

Langkah paling awal adalah menanamkan mindset bisnis dalam pikiran Anda. Namanya bisnis pasti ada untung dan ruginya. Selain itu, dalam menjalankan bisnis pastinya Anda akan menemui hambatan dan rintangan yang siap untuk dihadapi. Memang kondisi yang ada di lapangan tidak sesuai dengan apa yang Anda pikirkan, maka dari itu Anda harus memiliki mental baja agar bisnis bisa tetap bertahan dan tidak akan mengalami kegagalan di tengah jalan.

Bulatkan Niat

Ketika memulai berbisnis tanpa niat yang jelas atau hanya iseng saja, maka pencapaian hasil akhirnya tidak akan maksimal dan dapat dipastikan Anda akan lebih mudah menyerah di tengah jalan. Berbeda dengan yang dari awal sudah membulatkan niatnya untuk berbisnis dengan kuat, pasti hasilnya akan lebih maksimal dan tidak mudah menyerah. Dari sinilah dapat diambil kesimpulan bahwa niat bisa menentukan kesuksesan dalam besbisnis.

Fokus Satu Bisnis

Fokus menjadi salah satu kunci sukses berbisnis untuk pemula, karena nantinya Anda akan mencurahkan semua tenaga dan pikiran pada satu bisnis. Salah satu penyebab gagalnya pebisnis pemula adalah mereka terlalu memiliki banyak bisnis sehingga pikirannya terpecah-pecah ke bisnis yang lainnya. Memang memiliki banyak bisnis tidak dilarang, namun bisnis yang Anda jalankan haruslah sudah bisa berjalan sendiri. Jika bisnis tersebut sudah bisa berjalan sendiri tanpa Anda terlibat terlalu banyak, barulah Anda bisa membuat bisnis baru yang lain.

Mulai Dari yang Disukai

Usahakan memulai bisnis dari apa yang Anda sukai. Karena dengan memulai dari bisnis yang disukai, pastinya Anda lebih memahami seluk beluk dalam bidang tersebut. Kalaupun di jalan nanti ada kendala, Anda tidak akan terlalu kesulitan untuk mengatasinya. Misalnya jika Anda suka memasak, Anda bisa memulai dengan membuka warung makan di rumah, bisa juga menerima katering makanan, menjual peralatan masak, dan sebagainya.

Lihat Peluang Bisnis Sekitar

Mulailah dengan mencari peluang bisnis yang ada di sekitar Anda. Tidak menutup kemungkinan banyak bisnis yang ada di sekitar Anda yang memiliki prospek lebih bagus kedepannya. Kelebihan lainnya adalah jarak dengan tempat tinggal yang dekat dan Anda lebih memahami tentang seluk beluk di sekitar yang memengaruhi peluang bisnis di sekitar Anda.

Baca Kekuatan Pesaing

Jangan sampai Anda bersaing dengan pebisnis besar yang sudah punya nama dan jaringan bisnis yang kuat, kecuali Anda mempunyai modal yang besar dan siap dikeluarkan untuk mengalahkan pesaing bisnis. Kalaupun Anda akan mengalahkan pesaing yang sudah besar, Anda harus memiliki perbedaan dan nilai yang lebih unik seperti pelayanan yang lebih baik, produk yang unik dan kreatif, dan memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki pesaing bisnis Anda.

Pilih Lokasi Strategis

Lokasi juga berpengaruh penting dalam berbisnis yang tidak boleh salah. Ada banyak pebisnis yang sudah keluar modal banyak tetapi bisnisnya tidak bisa berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan, masalahnya hanya karena pemilihan lokasi yang kurang tepat. Contohnya saja jika Anda ingin membuka usaha laundry, maka lokasi strategis yang bisa Anda pilih adalah yang berdekatan dengan kampus, pabrik, atau perkantoran.

Promosi Secara Tepat

Memulai bisnis tanpa melakukan promosi, tentunya bisnis tidak akan mudah berkembang dan tidak bisa dikenal banyak konsumen. Sekarang ini promosi menjadi hal yang wajib dilakukan, apalagi untuk bisnis yang baru dirintis. Karena selain produk lebih dikenal, manfaat lain dari promosi secara tepat adalah bisa meningkatkan penjualan, menarik minat konsumen, dan menunjukkan kualitas produk. Anda bisa mulai melakukan promosi melalui media Internet.

Manfaatkan Social Media

Bisnis saat ini jika tidak memiliki social media yang aktif rasanya ada yang kurang. Apalagi saat ini jaringan Internet sudah mudah diakses oleh siapapun. Social media sekarang ini memiliki peran penting dalam strategi bisnis, baik bisnis skala kecil atau yang sudah besar. Selain melakukan promosi kepada follower social media, Anda juga bisa berkomunikasi 2 arah dengan semua konsumen, sehingga Anda lebih mudah mendapatkan feedback yang bisa dijadikan acuan untuk memajukan bisnis lebih baik lagi kedepannya.

Lakukan Hal yang Unik

Pada dasarnya konsumen memiliki sifat mudah bosan terhadap suatu produk. Maka Anda sebagai pebisnis harus melakukan inovasi hal-hal unik yang bisa membuat konsumen Anda loyal, jangan sampai konsumen beralih menggunakan produk pesaing. Alasan lainnya adalah agar bisnis bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, sehingga konsumen akan merasa puas dengan produk Anda. Namun perlu dicatat, bahwa bukan hanya keunikannya saja, tetapi kebutuhan dari konsumen yang paling utama harus terpenuhi terlebih dahulu.

Kerja Sama Tim yang Kuat

Kerja sama tim yang kuat juga menjadi salah satu faktor penting, apalagi ini adalah bisnis yang baru dirintis. Kalau bisa dalam pemilihan anggota tim, cobalah pilih tim yang memiliki mental baja dan tidak mudah putus asa. Karena namanya merintis pasti akan banyak cobaan dan halangan yang harus dilalui. Jika bisnis Anda berkolaborasi dengan teman, maka cobalah bagi tugas antar anggota yang jelas dan selalu lakukan evaluasi berkala supaya kedepannya semakin lebih baik lagi.

Belajar dari Kesalahan

Setiap orang pastinya pernah melakukan kesalahan, apalagi dalam berbisnis kesalahan menjadi salah satu hal yang wajar. Apalagi jika Anda masih pemula dalam berbisnis, Anda harus banyak belajar dari kesalahan yang pernah diperbuat. Jangan pernah malu untuk mengakui kesalahan, karena kesalahan akan meningkatkan kemampuan jika Anda mau belajar bagaimana memecahkan solusinya. Bila perlu kesalahan yang pernah dibuat dicatat, sehingga nanti sewaktu akan bertindak bisa dijadikan acuan agar tidak melakukan kesalahan lagi.

Dengar Kritik & Saran Konsumen

Seorang pebisnis yang sukses, dia akan menganggap kritik dan saran adalah guru yang bisa membimbing menuju jalan kesuksesan. Jika menerima kritik dan saran artinya bisnis Anda masih memiliki banyak kekurangan, jangan merasa Anda seakan-akan diserang oleh para konsumen. Justru Anda harus berterima kasih kepada konsumen yang sudah memberikan kritik dan saran, karena itu menjadi bentuk kepedulian konsumen terhadap bisnis Anda agar lebih baik.

Kerja Keras

Untuk meraih kesuksesan mungkin tidak semudah yang dibayangkan, dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan mulai dari waktu, tenaga, dan pikiran. Jika Anda dari awal membangun bisnis hanya santai-santai saja, maka kesuksesan akan lama tercapainya atau bahkan malah terjadi kegagalan di tengah jalan. Bisa dikatakan bahwa hasil yang Anda dapatkan akan berbanding lurus dengan usaha yang Anda lakukan, semakin besar usaha Anda semakin besar pula kesuksesan yang akan Anda dapatkan.

Kelola Keuangan Dengan Baik

Dalam sebuah bisnis yang sudah berjalan dengan lancar, tetapi memiliki pengelolaan keuangan yang buruk, maka bisa dipastikan bisnis akan sulit berkembang, lebih parahnya lagi bisnis bisa mengalami kegagalan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, maka bisa membantu perencanaan keuangan bisnis ke depan dengan baik, sehingga tidak mengeluarkan banyak uang yang tidak begitu penting.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda akan dibantu dalam melakukan pengelolaan manajemen keuangan pada bisnis. Selain itu ada beberapa manfaat lainnya dari Jurnal yaitu kemudahan dalam pencatatan keuangan secara sistematis, menyajikan data lebih cepat dan jelas, kemudahan dalam pemeriksaan keuangan secara berkala, dan masih banyak fitur menarik lainnya.