Bisnis memang tidak mudah dijalani, tantangan dan masalah harus dihadapi dan dijalankan.

Jika tidak, tentu saja akan bangkrut dan mengalami kerugian baik tenaga, finansial maupun waktu secara singkat. Untuk itu para pebisnis berlomba-lomba mencari solusi dan cara untuk bisa berkembang dan menaikkan bisnis mereka ke tingkat yang lebih baik dan lebih bagus. Salah satu caranya dengan menggunakan marketing atau media promosi di media sosial.

Media Sosial sebagai Ajang Promosi

Manfaatkan Media Sosial sebagai Media untuk Promosi Bisnis

Manfaatkan Media Sosial sebagai Media untuk Promosi Bisnis

Media sosial merupakan media secara online yang bisa digunakan siapapun, kapanpun dan dimanapun Anda berada. Selama fasilitas mendukung maka media sosial bisa dicapai. Faktanya semua orang di dunia untuk zaman sekarang, tidak bisa terlepas dari yang namanya media sosial. Semua orang menggunakan media sosial untuk berbagai kepentingan baik untuk bekerja, bercengkrama dengan keluarga atau teman, bertemu teman lama dan reuni bahkan untuk berbisnis.

Sebagai media yang bisa diakses oleh banyak orang, pebisnis memanfaatkan hal ini untuk membuat sebuah strategi promosi atau strategi untuk bisnis yang bisa dikatakan gratis tanpa dipungut biaya. Hal yang dibutuhkan hanya biaya fasilitas dan sdm yang bekerja saja. Namun sisanya ? tentu saja gratis dan tidak perlu izin apapun. Maka sejak maraknya penggunaan media sosial itulah, bisnis juga menggunakannya untuk kepentingan usaha mereka.

Cara Menggunakannya

Gunakan Sosial Media untuk Bisnis agar Lebih Mudah dan Efektif
Gunakan Sosial Media untuk Bisnis agar Lebih Mudah dan Efektif

Mungkin bagi para bisnis pemula tentu masih bingung bagaimana menggunakan media sosial untuk promosi bisnis. Padahal caranya sangatlah mudah dan tentu saja semua orang bisa melakukannya.

  1. Anda tinggal memilih media sosial jenis apa yang ingin digunakan, dari sekian banyak media sosial ada yang bersifat “public” atau umum sehingga bisa dilihat dan digunakan siapapun. Ada yang bersifat privasi.
  2. Selanjutnya pilih produk yang ingin dipromosikan, atau misalnya ingin seluruh perusahaan yang Anda promosikan maka siapkan bahan promosi seperti produk unggulan, keunggulan usaha, harga, persaingan, kelebihan dan hal lain yang dianggap membanggakan usaha.
  3. Jika sudah pilihlah satu atau dua orang yang ahli dibidang IT atau telekomunikasi di media sosial. Anda bisa memilih karyawan atau jika Anda ahli maka bisa melakukannya sendiri. Setelah itu buat flow bagaimana usaha Anda mau dipromosikan.
  4. Apabila rencana sudah diketahui dan sudah dibuat, bisa langsung mengerjakannya di media sosial dan juga mempromosikan selayaknya katalog hidup yang bisa diakses dimanapun berada.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Ketentuan Bisnis dengan Media Sosial

Ketentuan Bisnis Menggunakan Sosial Media
Ketentuan Bisnis Menggunakan Sosial Media

Berbisnis dengan media sosial juga ada ketentuannya, tentu tak sembarangan dan harus mengikuti aturan. Hal yang harus diketahui adalah, bagaimana aturan tersebut mengarahkan para pebisnis untuk menggunakan media sosial yang layak untuk usaha dan ajang promosi. Tentunya jangan sampai berlebihan dan juga membahayakan usaha serta membawa Anda dalam hal-hal yang menjurus ke gagalnya usaha.

Berhati-hati dalam bertindak dan menggunakan media sosial. Meskipun bersifat bebas, jika salah langkah maka akan ada pihak yang harus bertanggung jawab dan merasa dirugikan.

Keuntungan Menggunakan Media Sosial

Keuntungan Sosial Media untuk Menjalankan Bisnis
Keuntungan Sosial Media untuk Menjalankan Bisnis

Jaman sekarang tidak semua orang menggunakan televisi sebagai alat untuk mengetahui berita, namun media sosial terutama ponsel pintar sudah menjadi segalanya untuk bisa mengakses fasilitas lainnya. Salah satu kelebihan ini bisa Anda manfaatkan untuk usaha. Dimana media sosial bisa mempromosikan usaha dan produk lebih luas dan lebih besar lagi. Apalagi adanya jasa ekspedisi atau kurir pengantar barang semakin memudahkan para konsumen untuk membeli barang tanpa harus pusing atau ribet pergi keluar dan membeli barang di toko. Mereka tinggal mengeluarkan uang dan akhirnya sampai ke tempat.

Kelebihan ini juga bisa dimanfaatkan jika di sebuah kota atau daerah tidak terdapat penjual yang menjual produk serupa seperti yang Anda jual. Maka akan menjadi keuntungan tersendiri, karena bisa menjualnya.

Tidak hanya Keuntungan dan Manfaatnya, Pahami juga Risikonya

Risiko memang mengintai seperti barang tidak sampai atau mengalami kerusakan. Risiko pembelian online dan mempromosikan barang secara online terkadang suka terkendala karena kualitas barang yang tidak bisa ditentukan. Namun selama produk adalah produk aman seperti pakaian, sepatu dan lainnya yang tidak akan rusak ketika dibanting atau perjalanan panjang kenapa harus takut.

Penulis: Siti Hadijah

Direpost dari: Cermati.com